Tuesday, November 20, 2012

TEST KECERDASAN MAJEMUK

Dibawah ini merupakan kuesioner yang sebenarnya bisa dikategorikan dalam sebuah test , Caranya hanya menentukan poin mana saja yang menurut kalian match dengan karakter kalian ya , terus liat poin di bagian kecerdasan mana yang paling banyak match dengan karakter kalian , hasilnya semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian untuk memilih jurusan apa yang pas sama apa yang kalian minati , khususnya bagi calon mahasiswa/i baru :)

> Kecerdasan LINGUISTIK
(  ) Suka menulis kreatif dirumah
(  ) Sangat hafal nama , tempat , tanggal atau hal-hal kecil
(  ) Mengarang kisah khayal atau menuturkan lelucon dan cerita
(  ) Menikmati membaca buku di waktu senggang
(  ) Mengeja kata-kata dengan tepat dan mudah
(  ) Menyukai pantun lucu dan permainan kata
(  ) Suka mengisi teka-teki silang atau melakukan permainan seperti Scrabble
(  ) Menikmati mendengarkan kata-kata lisan (cerita,radio,pembacaan buku)
(  ) Mempunyai kosakata yang luas untuk anak seusianya
(  ) Unggul dalam pelajaran sekolah yang melibatkan membaca atau menulis

> Kecerdasan LOGIKA MATEMATIKA
(  ) Menghitung problem aritmatika dengan cepat di luar kepala
(  ) Menikmatin menggunakan bahasa komputer atua program software logika
(  ) Mengajukan pertanyaan mendasar seperti "mengapa langit biru" ?
(  ) Ahli bermain catur atau permainan strategi lain
(  ) Menjelaskan masalah secara logis
(  ) Merancang eksperimen untuk menguji hal-hal yang tidak dimengerti
(  ) Menghabiskan banyak waktu untuk memainkan teka-teki logika seperti kubus atau rubik atau permainan logika lainnya
(  ) Suka menyusun dalam kategori atau hirearki
(  ) Mudah memahami sebab dan akibat
(  ) Menikmati pelajaran matematika atau sains dengan prestasi tinggi

> Kecerdasan SPASIAL
(  ) Menonjol dalam kelas seni di sekolah
(  ) Memberikan gambaran visual yang jelas ketika sedang memikirkan sesuatu
(  ) Mudah membaca peta , grafik , dan diagram
(  ) Menggambar sosok orang atau benda yang persis aslinya
(  ) Senang melihat film , slide atau foto
(  ) Menikmati melakukan teka-teki jigsaw , maze , atau kegiatan visual lain
(  ) Sering melamun
(  ) Membangun konstruksi tiga dimensi yang menarik (ex:lego)
(  ) Mencoret-coret di atas secarik kertas atau dibuku tugas sekolah
(  ) Lebih banyak memahami lewat gambar daripada lewat kata-kata ketika sedang membaca

> Kecerdasan KINESTETIK
(  ) Berprestasi dalam olahraga kompetitif di sekolah atau di lingkungan pemukiman
(  ) Bergerak-gerak ketika sedang duduk
(  ) Terlibat dalam kegiatan fisik seperti berenang , bersepeda , hiking atau bermain skateboard
(  ) Perlu menyentuh sesuatu yang ingin dipelajari
(  ) Menikmati melompat, lari, gulat, atau kegiatan serupa (jika berusia lebih tua, mungkin menunjukkan kecenderungan ini dengan cara yang lebih tersamar)
(  ) Memperlihatkan keterampilan dalam bidang kerajinan tangan seperti kerajinan kayu , menjahit , mengukir atau memahat
(  ) Pandai menirukan gerakan , kebiasaan , atau perilaku orang lain
(  ) Menikmati bekerja dengan tanah liat , melukis dengan jari , atau kegiatan "kotor"
(  ) Sangat suka membongkar berbagai benda dan kemudian menyusunnya lagi

> Kecerdasan MUSIKAL
(  ) Memainkan alat musik dirumah atau disekolah, sebagai anggota band atau orkes
(  ) Ingat melodi lagu
(  ) Berprestasi sangat bagus dikelas musik disekolah
(  ) Lebih bisa belajar dengan iringan musik
(  ) Mengoleksi CD atau kaset
(  ) Bernyanyi untuk diri sendiri atau untuk orang lain
(  ) Bisa mengikuti irama musik
(  ) Mempunyai suara yang bagus untuk bernyanyi
(  ) Peka terhadap suara-suara di lingkungannya
(  ) Memberikan reaksi yang kuat terhadap berbagai jenis musik


> Kecerdasan INTERPERSONAL

(  ) Mempunyai banyak teman
(  ) Banyak bersosialisasi di sekolah atau di lingkungan tempat tinggal
(  ) Tampak sangat mengenal lingkungannya 
(  ) Terlibat dalam kegiatan kelompok diluar jam sekolah
(  ) Berperan sebagai "penengah keluarga" ketika terjadi pertikaian
(  ) Menikmati permainan kelompok
(  ) Berempati besar terhadap perasaan orang lain
(  ) Dicari sebagai "penasihat" atau "pemecah masalah" oleh teman-temannya
(  ) Menikmati mengajar orang lain
(  ) Tampak mempunyai bakat pemimpin

> Kecerdasan INTRAPERSONAL
(  ) Memperlihatkan sikap independen atau kemampuan yang kuat
(  ) Bersikap realistis terhadap kekuatan dan kelemahannya
(  ) Memberikan reaksi keras ketika membahas topik-topik kontrovesial
(  ) Bekerja atau belajar dengan baik seorang diri
(  ) Mempunyai rasa percaya diri
(  ) Mempunyai pandangan hidup yang lain dari pandangan umum
(  ) Belajar dari kesalahan masa lalu
(  ) Dengan tepat mengekspresikan perasaannya
(  ) Terarah pada pencapaian tujuan
(  ) Terlibat dalam hobi atau proyek yang dikerjakan sendiri

> Kecerdasan NATURALIS
(  ) Akrab dengan hewan pelih
(  ) Menikmati berjalan-jalan di alam terbuka atau ke kebun binatang
(  ) Menunjukkan kepekaan terhadap bentuk-bentuk alam (cth : gunung,awan)
(  ) Suka berkebun atau berada di dekat kebun
(  ) Menghabiskan waktu dekat akuarium , teratium atau sistem kehidupan alam lain
(  ) Yakin bahwa binatang mempunyai hak sendiri
(  ) Mencatat fenomena alam yng melibatkan hewan , tanaman , dan hal-hal sejenis 
(cth :  mempunyai foto , buku harian , gambar koleksi , dsb)
(  ) Membawa pulang serangga , bunga, daun , atau benda-benda alam lainnya
(  ) Memperlihatkan pemahaman yang mendalam di sekolah dalam topik-topik yang melibatkan sistem kehidupan 
(cth : topik biologi , topik lingkungan hidup)

1 comment:

  1. Isinya bagus, tapi sayang sekali warna tulisan dan warna latar tulisannya sama sekali tidak nyaman di mata, alias membuat mata sakit.
    Jadi mohon dibuat warna yg nyaman bagi mata, agar blog anda semakin banyak dilirik krn manfaat dan kenyamanan membqcanya.
    Trims

    ReplyDelete