Wednesday, October 26, 2011

Berdoa




Sebagai manusia kita tentu ingin memiliki kehidupan yang bermakna . Layaknya orang beriman pasti kita menggumuli tentang visi kehidupan yang sesuai dengan kehendakNya .
kita sadar bahwa tanpa visi yang jelas dan serasi dengan kehendak Tuhan , kehidupan kita akan memiliki nilai kekal . Kesadaran akan pentingnya visi belakangan ini juga diterima luas di kalangan bukan kristen .
Di kalangan non-kristen visi sangat besar kemungkinan berasal dari kerinduan dan pengolahan sumber2 kodrati atau kemampuan manusia itu sendiri , sedangkan kita yang Kristen , visi itu berasal dari Allah sendiri . Jadi , untuk mengetahui visi atau kehendak Allah bagi kehidupan kita dibutuhkan sebuah sarana , yaitu DOA .

--> Apakah itu doa ?
Doa adalah komunikasi dengan Tuhan . Melalui doa kita dapat berseru meminta pertolongan Tuhan atau jawaban dari Tuhan atas pertanyaan-pertanyaan yang kita tidak mengerti . Doa adalah sebbuah seruan yang membuka komunikasi dengan Tuhan .
"Berserulah kepada-Ku maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadaMu hal-hal besar dan yang tidak terpahami , yakni hal- hal yang tidak kau ketahui." (Yer 33:3)
Doa adalah komunikasi . Apa yang dimaksud komunikasi itu ? Tentu saja sesuatu yang berlagsung dua arah . Manusia bicara dan Tuhan yang mendengarkan .
Saat TUhan bicara manusia mendengarkan . Semua hanya didapatkan di dalam DOA .
Doa bukan komunikasi searah , seperti yang selama ini di salah mengerti oleh sebagian dari kita . Namun ada saat dimana kita berbicara pada Tuhan dan sebaliknya . ada saat dimana kita diam mendengar Allah berbicara . Itulah DOA untuk berbicara dan mendengar . itu yang Yesus lakukan saat pagi hari menjelang matahari terbit . Dia perlu mendengar suara Bapa .
-> Jadi DOA adalah komunikasi antara manusia dengan Allah .


--> MENGAPA HARUS BERDOA ?
mengapa harus berdoa jika Tuhan Maha Tau ? Pertanyaan ini mungkin sering kita utarakan dan kita dengar . dan ternyata pertanyaan ini juga membenarkan seseorang untuk enggan berdoa dan merasa tidak perlu berdoa .Memang Tuhan Maha Tau tetapi di dalam keMahaTahuanNya itu , Tuhan butuh kerjasama kita untuk membuat Dia bekerja dan menjawab atau menyediakan keperluan kita .
Itulah gunanya kita berdoa . Kita perlu meminta kepadaNya , meminta seperti anak kepada Bapa . Dia adalah allah yang senang jika kita terhubung denganNya .
maka doa adalah peluang kita satu-satunya untuk melakukan hubungan itu .
Dengan demikian penting untuk kita menjadikan doa sebagai gaya hidup .
Jadi orang kristen harus berdoa karna :
a. DOA adalah HUBUNGAN .
hubungan dengan Allah yang semakin intensif dapat membuat kita mendekati
serupa gambaranNya .
b. Karena Yesus berdoa .
Yesus tidak hanya mengajar muridNya bagaimana hal berdoa tetapi Yesus juga
menganjurkan kita untuk berdoa . Bahkan dengan tidak jemu-jemu . (Lukas 18:1)

c. Berdoa membuat kita terhubung dengan Allah dan mengerti arti kehendak Allah .
Yesus selalu menyediakan waktu di sela-sela kesibukanNya melayani , untuk
berdoa dan terhubung kembali dengan BapaNya .

No comments:

Post a Comment