Sunday, June 2, 2013

Cinta dan Perkawinan

Cinta
Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
Cinta dalam psikologi sosial mengutip pernyataan seorang ahli yaitu Stenberg , beliau yang mengenalkan Teori Segitiga Sternberg, yang terdiri dari tiga aspek: keintiman(intimacy), gairah(passion), dan komitmen(commitment).
Cinta yang sempurna adalah cinta yang memenuhi dari ketiga aspek tersebut. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing aspek.
Gairah (passion) cenderung terjadi pada awal hubungan, relatif cepat dan kemudian beralih pada tingkat yang stabil sebagai hasil pembiasaan.
Keintiman (intimacy) relatif lebih lambat dan kemudian secara bertahap bermanifestasi sebagai meningkatkan ikatan interpersonal. Perubahan keadaan dapat mengaktifkan keintiman, yang dapat menyebabkan intimacy menurun atau justru semakin naik.
Komitmen (commitment) meningkat relatif lambat pada awalnya, kemudian berjalan cepat, dan secara bertahap akan menetap. Ketika hubungan gagal, tingkat komitmen biasanya menurun secara bertahap dan hilang.
Perkawinan adalah ikatan sosial atau ikatan perjanjian hukum antar pribadi yang membentuk hubungan kekerabatan dan yang merupakan suatu pranata dalam budaya setempat yang meresmikan hubungan antar pribadi - yang biasanya intim dan seksual. Perkawinan umumnya dimulai dan diresmikan dengan upacara pernikahan. Umumnya perkawinan dijalani dengan maksud untuk membentuk keluarga.

Setiap kita yang sedang berada dalam hubungan pacaran (penjajakan dua pribadi sebelum melangkah ke tahap pernikahan) pasti menginginkan mendapat pasangan yang nantinya akan setia sebagai partner hidup kita.
berbagai tips banyak dikemukakan baik dari orang tua, para tokoh agama maupun ahli-ahli dalam berbagai bidang studi mengenai memilih pasangan, berikut kita akan membahasnya..
1. Rajin beribadah
Setiap kita pasti menginginkan satu orang untuk selamanya dalam mendampingi hidup kita. Kesetiaan seseorang tidak dapat kita pastikan sampai seberapa lama ia akan mampu bertahan, tapi disisi lain kita cuma manusia biasa yang tidak bisa memaksakan kehendak kita apabila partner kita sudah tidak sesuai atau mengkhianati hubungan . Oleh karna itu, nilailah mereka sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya jika ia lebih mencintai Tuhan dibandingkan kita, karna orang yang takut akan Tuhan akan menjalankan apa yang dikehendaki Tuhan-nya.
As a Christian, umat diperintahkan untuk menikah sekali saja, karna Allah sangat membenci perceraian. So, be careful :)

2. Sehat secara Jasmani
Pernah dengar nasihat kuno, kalau pilih jodoh, liat bibit, bebet dan bobotnya.
Orang tua jaman dulu sangat tepat mengemukakan hal ini.
Kalau membahas tentang kesehatan, semua orang ingin sehat dan juga pastinya ingin memiliki keturunan yang sehat tanpa adanya penyakit turunan dsb.
Penting untuk kita datang ke tempat cek kesehatan terdekat, dan memeriksakan kesehatan bersama pasangan yang ingin kita jadikan pasangan hidup kita.
Saling mengetahui riwayat penyakit, kesehatan fisik dan mental masing-masing adalah langkah awal untuk mencegah dan mengantisipasi penyakit tertular pada generasi kita berikutnya.

3. Sifat Materalisme
Para lelaki sering mengungkapkan banyak perempuan matre hari-hari ini. Sebenarnya ini merupakan hal yang wajar jika dalam konteks positif, mengapa? karena semakin hari semakin banyak jumlah manusia, dan akibatnya persaingan didunia kerja semakin kompetitif, dan apabila wanita tersebut merasa pasangannya tidak akan mampu membiayainya kelak bersama anak, maka hidup akan terasa berat dan jumlah kematian maupun populasi orang yang terganggu mental bertambah.
Maka dari itu perempuan umumnya harus lebih selektif dalam memilih pasangan pria yang akan hidup bersamanya kelak.
Jadi matre disini bukan hal-hal negatif yang menghamburkan uang pasangan untuk berfoya-foya dan membeli hal-hal yang tidak penting.
Bagi para pria yang suka berkata pada perempuan bahwa perempuan itu matre, berkacalah, kalian yang tidak mampu memenuhi standar. :)

Dawn J. Lipthrott, LCSW, seorang psikoterapis dan marriage and relationship educator and coach, mengemukakan lima tahap perkembangan dalam kehidupan perkawinan. 
  1. Tahap pertama : Romantic Love. ini terjadi pada saat Anda dan pasangan merasakan gelora cinta yang menggebu-gebu. Ini terjadi di saat bulan madu pernikahan. Anda dan pasangan pada tahap ini selalu melakukan kegiatan bersama-sama dalam situasi romantis dan penuh cinta. 
  2. Tahap kedua : Dissapointment or Distress. ditahap ini pasangan suami istri kerap saling menyalahkan, memiliki rasa marah dan kecewa pada pasangan, berusaha menang atau lebih benar dari pasangannya. Terkadang salah satu dari pasangan yang mengalami hal ini berusaha untuk mengalihkan perasaan stres yang memuncak dengan menjalin hubungan dengan orang lain, mencurahkan perhatian ke pekerjaan, anak atau hal lain sepanjang sesuai dengan minat dan kebutuhan masing-masing. Menurut Dawn tahapan ini bisa membawa pasangan suami-istri ke situasi yang tak tertahankan lagi terhadap hubungan dengan pasangannya.  Banyak pasangan di tahap ini memilih berpisah dengan pasangannya. 
  3. Tahap ketiga Knowledge and Awareness. pasangan suami istri yang sampai pada tahap ini akan lebih memahami bagaimana posisi dan diri pasangannya. Pasangan ini juga sibuk  menggali informasi tentang bagaimana kebahagiaan pernikahan itu terjadi. Pasangan yang sampai di tahap ini biasanya senang untuk meminta kiat-kiat kebahagiaan rumah tangga kepada pasangan lain yang lebih tua atau mengikuti seminar-seminar dan konsultasi perkawinan. 
  4. Tahap keempat Transformation. Suami istri di tahap ini akan mencoba tingkah laku  yang berkenan di hati pasangannya. Anda akan membuktikan untuk menjadi pasangan yang tepat bagi pasangan Anda. Dalam tahap ini sudah berkembang sebuah pemahaman yang menyeluruh antara Anda dan pasangan dalam mensikapi perbedaan yang terjadi. Saat itu, Anda dan pasangan akan saling menunjukkan penghargaan, empati dan ketulusan untuk mengembangkan kehidupan perkawinan yang nyaman dan tentram. 
  5. Tahap kelima :  Real Love. “Anda berdua akan kembali dipenuhi dengan keceriaan, kemesraan, keintiman, kebahagiaan, dan kebersamaan dengan pasangan,” ujar Dawn.  Psikoterapis ini menjelaskan pula bahwa waktu yang dimiliki oleh pasangan suami istri seolah digunakan untuk saling memberikan perhatian satu sama lain. Suami dan istri semakin menghayati cinta kasih pasangannya sebagai realitas yang menetap. “Real love sangatlah mungkin untuk Anda dan pasangan jika Anda berdua memiliki keinginan untuk mewujudkannya. Real love tidak bisa terjadi dengan sendirinya tanpa adanya usaha Anda berdua,” ingat Dawn.

    Alternatif selain pernikahan
    Jaman sekarang banyak pria maupun wanita yang sudah berumur tapi belum berstatus menikah. Alasan beragam pun dikemukakan, ada yang karena terlalu sibuk dalam bidang akademis, terlalu sibuk mengejar karir, atau belum merasa mapan untuk menikahi seorang wanita, trauma terhadap maraknya berita perceraian bahkan karena terlalu banyak menuntut kesempurnaan dari calon pasangan kelak.
    Seiring dengan perkembangan jaman, gaya hidup masyarakat modern pun kini kian berubah. Tuntutan perusahaan sekarang pun banyak yang menginginkan dan membutuhkan karyawan dengan status single terutama di fokuskan pada karyawati, alasan atasan perusahaan yang sering kita dengar adalah supaya tidak terganggu kinerja produktif dari karyawati tersebut. Dan hal seperti ini juga yang merupakan hasil dari emansipasi wanita, kini wanita pun dapat sejajar dengan pria, ini dapat dijumpai pada pemerintahan negara kita contohnya.

    Sumber :
    http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/keluarga/psikologi/lima.tahap.dalam.perkawinan/001/007/140/1/1
    http://id.wikipedia.org/wiki/Perkawinan
    http://id.wikipedia.org/wiki/Pacaran
    http://www.psikologizone.com/cinta-menurut-psikologi/065113807

No comments:

Post a Comment